Kegiatan
pembelajaran Modul 1.2 telah selesai saya ikuti, banyak sekali pemahaman,
pembelajaran dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan. Agar
pembelajaran ini menjadi bermakna maka saya akan merefleksikan kegiatan
pembelajaran modul 1.2 ini tentang Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak dengan
menggunakan model refleksi 4P yaitu: Peristiwa (Facts), Perasaan (Feelings),
Pembelajaran (Findings), Penerapan ke depan (Future)
1. Peristiwa
(Fact)
Pada minggu ke dua saya memulai
pembelajaran modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran Guru Penggerak, pada saat
itu keadaan saya sedang sakit sehingga membuka LMS tidak sesuai dengan jadwal
yang ditentukan. Pada modul 1.2 berbeda dengan modul sebelumnya yaitu modul 1.1
tentang filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara, dimana materi yang terdapat pada
modul 1.2 ini sangat banyak, namun demikian tidak membuat saya patah semangat
walau banyak kegiatan lain saya berusaha untuk terus mempelajari dan mengikuti
alur MERDEKA tentunya berkat dorongan, motivasi dari fasilitator, pendamping
praktik dan rekan CGP.
Materi
dalam modul 1.2 ini terbagi menjadi 3 bagian besar yaitu; bagian A
tentang Konsep Manusia Tergerak, bagian B tentang Konsep Manusia
Bergerak, dan bagian C tentang Konsep Menggerakkan Manusia.
Pada alur
MERDEKA di modul 1.2 dimulai dengan Mulai dari Diri, dimana disana
saya harus memutar kembali memori saya tentang peristiwa positif dan peristiwa
negatif yang pernah terjadi pada saya dengan digambarkan melalui trapesium
usia. Selanjutnya pada Eksplorasi Konsep saya berselancar di
LMS dalam modul 1.2, begitu banyak sekali pengetahuan-pengetahuan baru tentang
bagaimana manusia tergerak yang dipengaruhi oleh cara kerja otak dan 5
kebutuhan dasar manusia, kemudian bagaimana manusia bergerak yang
dilatarbelakangi oleh motivasi dalam dirinya (intrinsik) serta sistemik
lingkungan, dan selanjutnya bagaimana menggerakkan manusia yaitu dengan
menuntun kekuatan kodrat manusia.
Pada Ruang Kolaborasi saya
bersama teman-teman CGP dalam satu kelompok kecil menemukan kekuatan nilai yang
dimiliki oleh masing-masing anggota serta kegiatan apa saja yang telah
dilaksanakan terkait dengan kekuatan nilai yang dimiliki tersebut.
Selanjutnya
hasil kolaborasi kami dalam kelompok kecil, kami diskusikan dalam ruang diskusi
bersama kelompok lainnya dengan agenda presentasi dan diskusi, disana banyak
sekali pengetahuan-pengetahuan baru serta nilai-nilai dan peran yang telah
dimiliki oleh rekan CGP lain yang belum ada dalam diri saya, sehingga saya
dapat mengadopsinya sesuai dengan kekuatan nilai yang dimiliki.
Pada Demonstrasi
Kontekstual saya ditugaskan untuk membuat sebuah karya tentang
kegiatan-kegiatan saya sebagai Guru Penggerak di masa yang akan datang.
Selanjutnya Elaborasi
Pemahaman adalah kegiatan diskusi virtual bersama instruktur yang
bernama Ibu Pernama Sari Pelupessy. Pemaparan disampaikan oleh
instruktur dengan sangat jelas dan terinci sehingga yang tadinya samar menjadi
suatu hal yang mencerahkan dalam pikiran saya tertang nilai-nilai dan peran
Guru Penggerak.
Modul
1.1 tentang filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara terdapat koneksi atau saling
berkaitan dengan modul 1.2 tentang nilai dan peran Guru Penggerak, maka dari
itu pada bagian Koneksi Antar Materi saya mengaitkan antara
materi modul 1.1 dengan materi modul 1.2.
2. Perasaan (Feeling)
Setelah
mendalami materi modul 1.2 ini saya merasa antusias untuk melakukan perubahan
pada diri saya. Saya ingin memperbaiki segala kekurangan yang ada pada diri
saya, menumbuhkan nilai-nilai guru penggerak yang belum ada pada diri saya dan
memperkuat nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada pada diri saya. Saya
merasa termotivasi untuk dapat menggerakkan rekan-rekan disekolah maupun di
luar sekolah untuk dapat bergerak bersama-sama melakukan perubahan positif
untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.
3.
Pembelajaran (Findings)
Pembelajaran
yang saya dapatkan setelah mempelajari modul 1.2 ini adalah tentang:
a. Cara kerja
otak manusia yaitu kemampuan berfikir cepat dan berfikir lambat. Pendidik
sejatinya harus memiliki kemampuan berfikir lambat sehingga tidak terburu-buru
dalam menilai dan memutuskan sesuatu.
b. 5
Kebutuhan dasar manusia yaitu; kebutuhan bertahan hidup, kasih sayang dan rasa
diterima ( kebutuhan untuk diterima), kekuasaan dan penguasaan (kebutuhan
pengakuan atas kemampuan), kebebasan (kebutuhan akan pilihan), dan kesenangan (
kebutuhan untuk merasa senang).
c. Tahap
perkembangan psikososial Erik Erikson, diharapkan bahwa kita dapat mengetahui
gambaran tentang pengalaman sosial mereka sesuai tahapan usianya.
d.
Nilai-nilai yang dimiliki oleh Guru penggerak yaitu berpihak pada murid,
mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif.
e. Profil
pelajar pancasila, dimana terdapat 6 dimensi diantaranya adalah: 1) Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3)
Bergotong royong; 4) Berkebhinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.
f. Peran Guru
penggerak adalah menjadi pemimpin pembelajaran, Menjadi coach bagi
guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, menggerak
komunitas praktisi.
4. Penerapan
ke Depan (Future)
Setelah
mempelajari tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak, saya berusaha
kedepannya untuk:
a.
Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid
b. Secara
mandiri saya akan mengembangkan diri saya dengan mengikuti berbagai pelatihan,
seminar, bimtek, melanjutkan kuliah S2 atau kegiatan lainnya agar menjadi guru
yang berkompetensi
c.
Berkolaborasi dengan murid, rekan guru, kepala sekolah, orang tua maupun
stekholder atau pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk kepentingan murid
d. Aktif
dalam komunitas KKG dengan rutin mengikuti pertemuan
e. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran ataupun kegiatan lainnya dalam upaya
perbaikan diri.
f. Berinovasi
dalam pembelajaran maupun dalam pemanfaatan tekhnologi yang ada disekolah dan
alam sekitar.
SALAH SATU AKSI NYATA YANG DILAKUKAN
https://www.youtube.com/watch?v=kLXuiLy2b3c

Komentar
Posting Komentar