KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL


    Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan  secara kolaboratif olehseluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini  memungkinkan anak dan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional agar dapat:

1.     Memahami, menghayati, dan mengelola emosi (kesadaran diri)

2.     Menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)

3.     Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)

4.     Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan  berelasi)

5.     Membuat keputusan yang bertanggung jawab. (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

Tujuan Pembelajaran Sosial Emosional adalah  melatih kompetensi sosial emosional peserta didik sehingga tercapai keseimbangan antara kompetensi akademik dan sosial emosional yang dapat mengantarkan mereka menjadi individu-individu yang selamat dan bahagia.

Pembelajaran Sosial Emosional dalam kerangka CASEL ini mencakup 5 komponen yaitu: Kesadaran Diri (Self Awareness), Pengelolaan Diri (Self Management), Kesadaran Sosial (Social Awareness), Kemampuan Berinteraksi Sosial (Relationship Skills), Pengambilan Keputusan Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making).Memberikan Pemahaman , penghayatan dan Kemampuan untuk mengoelola emosi

Bagaimana Penerapannya ?

  1. Rutin ( diluar waktu belajar sekolah )
  2. Terintegrasi dalam pembelajaran
  3. Protokol ( sesuai dengan budaya atau aturan sekolah )

 

KONEKSI ANTAR MATERI

Visi misi CGP sesuai dengan nilai dan peran yang ingin dicapai yaitu membangun profil pelajar Pancasila melalui budaya positif dalam ekosistem sekolah yang memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid hingga tercapai merdeka belajar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman dalam filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan praktek pebelajaran yang berhamba pada anak melalui pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional ( PSE ).

MINDFULNESS --------- EMPATI ----------- RESILIENSI







Paradigma Ki Hajar Dewantara

Nilai dan Visi Guru Penggerak :
Pengambilan keputusan di mulai dari System Limbic ( Pengelolaan Emosi )

Praktik pembelajaran yang berpihak pada murid :

  1. Pembelajaran Diferensiasi
  2. Pembelajaran Sosial Emosional
  3. Profil Pelajar Pancasila

 

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) dapat kita lakukan melalui pembiasaan-pembiasaan positif di sekolah.  Tolok ukur pembelajaran sosial emosional ini juga tidak jelas, tidak ada refleksi ataupun evaluasi dari kegitan Pembelajaran Sosial Emosional ini. Setelah mempelajari modul ini, ternyata Pembelajaran Sosial Emosional dapat dilakukan melakui pembelajaran eksplisit di kelas, pembelajaran sosial emosional ini merupakan pembelajaran kolaboratif dari guru, murid, warga sekolah, orang tua dan lingkungan masyarakat. Peningkatan kompetensi sosial emosional juga akan berdampak pada peningkatan kompetensi akademik murid.

Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being),  3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah: (a) Peningkatan 5 Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE), (b) Lingkungan belajar yang suportif, (c) Peningkatan sikap positif dan toleransi murid terhadap dirinya, orang lain dan lingkungan sekolah.

Berkaitan dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di  kelas dan sekolah:

a.   Bagi murid-murid : Melakukan PSE secara eksplisit, memberikan teladan yang baik, memberi kegiatan pembiasaan yang dapat meningkatkan KSE murid, melakukan kontrol dan evalusi terhadap KSE para murid.

b.   Bagi rekan sejawat: menjadi teladan yang baik, melkukan diskusi kolaborasi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, melakukan kegiatan bersama untuk menguatkan KSE rekan-rekan sejawat.


Terimakasih


SALAM DAN BAHAGIA






Penulis : 
DUROKHIM, S.Pd.SD
CGP ANGKATAN 6 KAB. REMBANG

Komentar